Permintaan Produk Reksadana Syariah Naik di Bulan Ramadhan

Tidak terasa Ramadhan segera berakhir. Ramadhan merupakan sebuah momentum langka dalam menambah amal, salah satunya adalah investasi yang sesuai syariah. Momentum langka ini digunakan para investor individual untuk melakukan permintaan produk Reksadana Syariah, yang akhirnya permintaan terbilang naik.

Nilai dana untuk pengelolaan Reksadana berbasis Syariah naik hingga 62 persen pada awal April yang mana bernilai 56 triliun rupiah. Ini berbeda cukup jauh pada bulan yang sama di tahun lalu.

Namun apa sebenarnya Reksadana berbasis syariah itu?

Reksadana berbasis syariah yaitu sebuah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang selanjutnya diinvestasikan sesuai dengan syariah. Para pemodal sendiri memilih yang berbasis syariah, karena lebih kepada alasan halal dan praktisnya.

Bagi Anda yang belum mengetahui program satu ini, ada beberapa keuntungan Reksadana Syariah ini. Program ini terbilang lebih murah dan terjangkau bagi siapapun. Karena dana para pemodal tersebut diakumulasi untuk dibelikan saham, untuk modal dalam nominal ratusan ribu menjadi tidak masalah.

Keuntungan selanjutnya adalah sangat aman dan halal untuk dilakukan. Hukum Reksadana Syariah adalah halal, ketika program ini termasuk halal tentunya aman. Karena selain itu, transaksi investasi ini diawasi selalu OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan DPS (Dewan Pengawas Syariah).

Kemudian tentunya investasi ini dikelola secara profesional. Karena berbeda dengan Reksadana Konvensional yang masih mencampur bunga didalamnya. Untuk investasi ini harus dipisah untuk hal-hal haram tersebut.

Mendaftar Reksadana Syariah

Permintaan Produk Reksadana Syariah Naik di Bulan Ramadhan

Jika Anda tertarik dalam melakukan investasi Reksadana berbasis Syariah ini, maka hal yang pertama yang Anda harus putuskan adalah menentukan Reksadana Syariahnya. Mana tempat yang baik, terpercaya dan menguntungkan.

Terdapat 25 Reksadana berbasis syariah menurut IPOT. Beberapa pilihannya yaitu Reksadana Syariah Mandiri, Reksadana Syariah BNI dan lainnya.

IPOT sendiri merupakan platform yang menyediakan jual beli Reksadana berbasis online. Dan tentunya Anda harus tetap mempelajari terlebih dahulu apa itu Reksadana dan Manajer Investasi itu sendiri.

Kemudian, yang kedua adalah persiapkan modal yang ingin Anda investasikan. Untuk siapapun tidak diberi batasan untuk mengikuti program ini, bahkan modal Rp. 100.000 saja sudah bisa melakukan investasi yang halal ini.

Perbedaan mendasar dari Reksadana jenis syariah sendiri dengan jenis investasi lainnya adalah tidak perlu adanya setoran bulanan. Investasi ini berbeda dengan sistem asuransi, Anda dibebaskan untuk membeli serta menjual Reksadana ini.

Setelah sudah memahami hal mendasar diatas, Yang ketiga adalah bagaimana cara memilih dari 25 Reksadana Syariah tadi?

Langkah Cepat Trading Saham untuk Pemula

Berdasarkan data dari IPOT tadi, Anda bisa mengklasifikasikannya menjadi beberapa jenis. Terdapat jenis campuran, saham, pasar uang dan pendapatan tetap. Tentukan terlebih dahulu mana yang memang jenis yang Anda kehendaki dari awal.

Kemudian dari jenis tersebut dapat Anda dapat memilih kembali berdasarkan return (tingkat keuntungan). Dalam IPOT biasanya disediakan informasi untuk kurun waktu 3 tahun terakhir.

Penting juga untuk melihat dari jumlah dana yang dikelola. Karena ketika semakin besar jumlahnya, maka semakin bagus juga keuntungannya dan tentunya terpercaya.

Barulah Anda mencoba untuk membeli, setelah membeli Anda tidak perlu khawatir Anda bisa selalu memonitor investasi Anda. Tidak hanya membeli, Anda juga bisa menjual apa yang telah Anda investasikan tersebut.

Penjelasan diatas merupakan penjelasan singkat terkait informasi Reksadana Syariah dengan segala keuntungannya terutama untuk beramal di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang mungkin tertarik untuk melakukan investasi dalam program tersebut.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply